Jl. Telaga Murni II Tanjung Priok Jakarta

082311269239 info@triktravel.com

17 Tempat Mendaki Gunung di Jawa Timur yang Paling Populer dan Memacu Adrenalin Para Pendakinya

Hosting Unlimited Indonesia
tempat-mendaki-gunung-di-jawa-timur
Wisata Jawa Timur – Gunung Semeru | AnekaTempatWisata.com

Hi Traveler! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga sehat ya.

OK. Pada artikel kali ini saya ingin memberikan refrensi yang khusus ditujukan untuk Anda para pendaki gunung.

Atau Anda yang excited dengan kegiatan yang satu ini juga boleh kok membacanya.

Refrensi apa ya??

Yaitu refrensi tentang tempat tempat mendaki gunung di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi untuk menguji adrenalin Anda.

Tapi bagi Anda yang sudah pernah mencoba tempat tempat ini, Anda bisa membagikan pengalaman Anda pada kolom komentar untuk melengkapi artikel ini.

Dengan begitu, mereka yang belum pernah menjamah gunung gunung berikut ini, jadi merasa rugi dan tergiur untuk mencoba mendakinya.

Sudah siap berbagi pengalaman?

Mendaki gunung sejatinya adalah kegiatan yang amat menyenangkan.

Semua keindahan alam pegunungan yang disuguhkan Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, bisa kita nikmati melalui kegiatan ini.

Sehingga ini menjadi salah satu alternatif untuk berinteraksi dengan alam agar bisa lebih dekat dengan Penciptanya.

Maka tak heran bila para pendaki gunung juga kerap disebut sebagai pecinta alam, lantaran mereka sering berinteraksi dengan salah satu tanda kebesaran Tuhan yang satu ini.

Selain itu, ada banyak manfaat mendaki gunung yang perlu kita ketahui, agar kita tidak memandang sebelah mata kegiatan yang menarik ini.

Terutama manfaat yang berkaitan dengan kesehatan tubuh yang salah satunya adalah dapat meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru.

Kegiatan mendaki gunung tentu memerlukan stamina yang besar dan energi yang tidak sedikit. Seorang pendaki dituntut untuk terus bergerak ke atas melawan gravitasi bumi.

Ini menyebabkan aktivitas jantung dan paru-paru meningkat lebih dari biasanya.

Pada kondisi inilah suplai oksigen dan peredaran darah menjadi lebih optimal. Yang pada akhirnya dapat memperkecil resiko serangan jantung dan stroke.

Maka dari itu, siapapun diri Anda dan apapun latar belakang Anda, cobalah kegiatan ini untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan tentunya menambah pengalaman baru.


Adapun destinasinya sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Tapi untuk wilayah Jawa Timur, Anda bisa teruskan membaca.

Tapi sebelum itu, karena artikel ini sangat panjang, sebaiknya Anda baca perlahan saja sambil ditemani secangkir kopi ataupun teh. Sehingga semua informasi yang disuguhkan di sini tidak terlewatkan begitu saja. 

Oke, sudah siap membaca??

Sebagai salah satu provinsi di pulau Jawa, Jawa Timur memiliki bentang alam yang sangat beragam. Dari mulai danau, sungai, pantai dan juga pegunungannya.

Di Jawa Timur mengutip dari Wikipedia, terdapat 3 pegunungan dan 41 gunung. Dan daftar gunung yang akan dibahas di sini adalah gunung pendakian yang populer dan sangat direkomendasikan.

Tapi tunggu dulu!!

Sebelum berangkat menuju tempat pendakian, Anda harus melakukan persiapan yang matang.

Bila Anda berencana berangkat bersama rombongan dengan cara backpacker, jangan lewatkan persiapan seorang backpacker sebelum bepergian ini.

Atau bagi Anda yang ingin berhemat membawa makanan sendiri, Anda bisa lihat resep makanan piknik sederhana ini.

Lalu apa saja gunung gunung di Jawa Timur yang bisa didaki dan bagaimana reviewnya?

Berikut daftarnya yang sudah saya susun berdasarkan abjad untuk Anda.

1. Gunung Anjasmoro

tempat mendaki gunung di jawa timur
Pendakian Gunung Anjasmoro | AdventureWonosalam.blogspot.co.id

Tempat mendaki gunung di jawa timur yang pertama adalah gunung Anjasmoro.

Gunung ini berada di desa Carangwulung kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang, kota Mojokerto, Jawa Timur di mana memiliki ketinggian pada 2,277 mdpl.

Gunung ini dapat Anda daki dari jalur jombang-mojoagung- tebuireng-mojowarno-wonosalam atau melalui jalur malang-batu-pujon-ngantang-kandangan-pengajaran-ngoro-bareng-wonosalam.

Dengan memiliki kawasan hutan seperti hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung, menjadikan gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan udara segar yang belum tercemar polusi.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana jalur pendakian yang harus Anda tempuh, pastikan Anda baca mekanisme pendakian ini terlebih dahulu.

Jalur pendakian yang tergolong mudah, menjadikannya layak untuk Anda atau siapapun sambangi sebagai seorang pemula.

Akan tetapi, agar pengalaman meendaki gunung Anda bisa menjadi lebih berwarna dan menyenangkan, pastikan Anda datang ke tempat ini pada saat musim durian tiba.

Hal ini dikarenakan pada musim tersebut di lereng gunung Anjasmoro berubah menjadi surga durian Bido Wonosalam yang memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Dengan begitu, Anda bisa membelinya untuk dimakan di puncak gunung sambil menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar puncak gunung Anjasmoro.

Waah… Jadi gak sabar nih.

2. Gunung Argopuro

gunung_argopuro_1
Gunung Argopuro | Wikipedia

Tempat mendaki gunung di Jawa Timur berikutnya adalah gunung Argopuro.

Gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini memiliki ketinggian mencapai 3.088 m di atas permukaan laut (dpl).

Sebagai bagian dari pegunungan Iyang, gunung Argopuro ini terletak di antara gunung Semeru dan gunung Raung dalam wilayah beberapa kabupaten seperti Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Bila berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat beberapa puncak yang dimiliki gunung Argopuro ini. Dan puncak yang populer disebut puncak Rengganis yang ada di kabupaten Jember.

Menurut cerita rakyat, ini adalah gunung yang angker karena Dewi Rengganis adik dari Nyi Roro Kidul, beserta 6 dayangnya pernah hilang di gunung ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena gunung ini tetap ramah untuk didaki oleh siapa saja.

Ada dua jalur yang dapat ditempuh menuju puncak gunung Argopuro, yaitu jalur Bremi dan jalur Baderan.

Perhatikan peta jalur pendakian berikut ini:

peta-pendakian
Jalur pendakian gunung Argopuro | CatatanHarianKeong.com

Untuk mekanisme pendakian, Anda dapat melihat selengkapnya di sini.

Karena ketinggiannya sudah di atas 3.000 m dpl, maka sebelum mendaki pastikan Anda menyiapkan stamina yang ekstra besar dan mental yang kuat. Terutama bila Anda masih dikategorikan pendaki pemula.

3. Gunung Arjuno

gunung-arjuno
Gunung Arjuno | Wikipedia

Dengan ketinggian 3.339 m dpl, gunung Arjuno menempati posisi ke-3 tertinggi di Jawa Timur dan ke-5 di pulau Jawa.

Nama Arjuno sendiri diambil dari tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.

Secara administratif gunung Arjuno terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Ada 3 titik pendakian populer yang bisa Anda lalui untuk mencapai puncak gunung Arjuno ini, yaitu dari Lawang, Tretes, dan Batu.

tempat mendaki gunung di jawa timur
Jalur Pendakian via Tretes | InfoPendaki.com

Untuk mekanisme pendakian, Anda bisa kunjungi InfoPendaki.com

Selain sebagai tempat pendakian, di jalur pendakian dan di lereng gunung Arjuno terdapat beberapa objek wisata yang biasa dikunjungi oleh wisatawan.

Bahkan beberapa di antaranya sudah terkenal di seluruh Indonesia dan luar negeri, seperti Tretes, Kota Wisata Batu dan Taman Safari Indonesia 2.

Wah. Kalau begini sih setelah mendaki langsung rekreasi. 😀 

4. Gunung Baluran

tempat-mendaki-gunung-di-jawa-timur-
Gunung Baluran | RuangPendaki.blogspot.co.id

Berbeda dengan gunung gunung sebelumnya yang berdiri sendiri, tempat mendaki gunung di Jawa Timur yang satu ini justru merupakan salah satu destinasi yang ada di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur.

Sehingga menjadikan gunung ini sebagai gunung yang terletak paling timur di pulau Jawa.

Gunung yang kini sudah tidak aktif lagi ini selain banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik juga seringkali dikunjungi oleh wisatawan asing.

Bagi Anda pendaki pemula, jangan khawatir, gunung yang tingginya 1.247 mdpl ini cukup ramah untuk dijadikan tempat pendakian.

Di gunung ini terdapat banyak lembah, jurang dan bukit. Setidaknya ada 3 bukit yang terdapat di gunung Baluran, bukit-bukit tersebut adalah bukit Glengseran 124 mdpl, Bukit Begol 64 meter, dan bukit Priuk 211 meter.

Adapun deskripsi lengkap dari penampakan gunung Baluran ini bisa dilihat selengkapnya di Merbabu.com

Untuk mendaki gunung Baluran, Anda bisa melewati jalur karangtekok dan wonorejo menuju pesanggrahan di kelor / bama dengan menggunakan mobil maupun sepeda motor dengan jarak sekitar 12 km.

Saat anda hendak mencapai puncak gunung baluran, anda akan melewati lembah yang bernama lembah kancip. Di sinilah banyak fauna berkumpul yang menarik untuk dilihat. Sehingga menjadikannya pembeda dari tempat mendaki gunung di Jawa Timur lainnya.

5. Gunung Bromo

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Bromo | Yoshiwafa.com

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi di Indonesia, tepatnya terletak di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur.

Dengan ketinggian 2.392 mdpl, tempat mendaki gunung di Jawa Timur ini memang tidak sebesar gunung api lainnya. Akan tetapi, pemandangan yang disuguhkan sangatlah menakjubkan.

Nama Bromo sendiri diambil dari nama “Brahma”, salah satu dewa dalam agama Hindu. Gunung ini juga dianggap suci oleh suku Tengger, di mana mereka melakukan ritual Yadnya Kasada tiap tahunnya.

Gunung Bromo memiliki bentuk tubuh bertautan di antara lembah dan ngarai dengan dikelilingi kaldera atau lautan pasir dengan luas kurang lebih 5.300 hektare.

Karena keindahan pemandangan yang dimiliki ditambah lagi gunung ini masih aktif, banyak wisatawan yang terkagum-kagum dan tertarik untuk mendakinya.

Sebagai icon wisata paling indah di Probolinggo, hampir tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Hal ini dikarenakan terdapat banyak tempat wisata terkenal di gunung Bromo. Misalnya, kawah gunung Bromo, Bukit Teletubies, Pasir Berbisik, Pananjakan, dan Kebun Strawberry. 

Anda yang masih pemula tidak perlu ragu untuk mendaki gunung ini. Karena gunung Bromo ini memang minim tantangan di mata wisatawan dan para pendakinya.

Jadi, tunggu apa lagi?

6. Gunung Butak

tempat mendaki gunung di Jawa Timur
Gunung Butak | BlueTripper.com

Gunung berikutnya yang dapat dijadikan tempat pendakian adalah gunung Butak yang terletak di Malang dan Blitar, Jawa Timur.

Gunung setinggi 2.868 mdpl ini memang tidak setenar gunung lainnya. Akan tetapi pemandangan di sekitar gunung ini tidak bisa dipungkiri keindahannya, termasuk adanya savana yang sangat elok tersembunyi di dalamnya.

Di puncak gunung Butak, Anda juga dapat melihat gunung-gunung di sekitarnya. Beberapa gunung seperti gunung Semeru, gunung Arjuna dan gunung Welirang dapat terlihat dari kejauhan.    

Dengan puncaknya yang berbentuk stratovolcano ini, gunung Butak tampak indah berdampingan dengan gunung Kawi.

Bahkan pemandangannya masih sangat alami berkat rapatnya vegetasi yang tumbuh baik di lereng gunung maupun di daerah puncaknya.

Untuk mendaki gunung yang memiliki track cukup menantang ini, Anda bisa melewati beberapa jalur yaitu:

jalur kebun teh Sirah-Kencong – Blitar [7-8 jam], jalur dari bukit Panderman. Batu – Malang [7-8 jam] -jalur Desa Gadingkulon, princi. Dau – Malang [5-6 jam] -jalur gunung Kawi Kepanjen, [12 jam].

Jadi walaupun tidak terkenal, bukan berarti gunung ini luput dari tempat mendaki gunung di Jawa Timur yang difavoritkan.

7. Gunung Ijen

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Ijen | RuangPendaki.blogspot.co.id

Tempat mendaki gunung di Jawa Timur selanjutnya yaitu gunung Ijen. Bagi Anda yang berasal dari Banyuwangi, tentu sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini.

Dengan tinggi 2.443 mdpl, gunung ini tergolong tidak terlalu sulit untuk didaki.

Anda dapat mencapai puncak gunung ini dengan memulai perjalanan dari pos Paltuding (titik start pendakian ijen) dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 3 km.

Meski medannya cukup curam, Anda bisa sampai di puncak dalam 2,5 jam, makanya gunung ini cocok buat pendaki pemula.

Gunung Ijen termasuk dalam gugusan Pegunungan Ijen dan termasuk juga dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Salah satu fakta unik yang membuat gunung Ijen menjadi incaran para pendaki adalah adanya api biru atau blue fire pada kawahnya.

Menurut salah satu sumber, gunung dengan pemandangan api kawah berwarna  biru hanya ada 2 di dunia, yang pertama di gunung Ijen itu sendiri dan yang kedua adalah salah satu gunung yang terdapat di negara Islandia.

Jangan tertipu, sebutan api biru bukanlah api yang sebenarnya! Itu adalah fenomena alam, yakni gas belerang yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen.

Fenomena itu disebabkan pembakaran gas belerang yang kontak dengan udara pada suhu di atas 360 derajat Celcius, yang membuatnya nampak seperti api biru.

Selain fakta unik ini, ada belasan fakta tentang gunung Ijen lainnya di sini.

8. Gunung Kelud

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Kelud | ManusiaLembah.blogspot.co.id

Gunung di Jawa Timur untuk pendaki pemula selanjutnya adalah gunung Kelud.

Sebelum saya membahasnya lebih jauh, apakah Anda masih kuat membaca?

Kalau iya, silakan teruskan!

Gunung Kelud ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dengan ketinggian 1.731 mdpl. 

Berdasarkan catatan yang ada, tidak kurang dari 30 kali gunung ini mengalami erupsi atau meletus sejak tahun 1000 M dan yang terakhir tahun 2014 lalu dengan letusan yang amat dahsyat.

Terletak di 3 kabupaten secara administratif, yaitu kabupaten Malang, Kediri, dan Blitar.

Selain karena keindahan alamnya, gunung Kelud ini juga memiliki sumber air panas dan pemandangan kubah lava. Ini yang menjadikannya objek wisata terkenal baik di Blitar maupun Kediri.

Maka tak heran, bila sampai saat ini gunung Kelud masih menjadi tempat rekreasi alternatif bagi warga Kediri dan sekitarnya.

Sebagaimana yang tampak pada gambar, ada 3 puncak yang eksotis pada gunung ini. Puncak Kelud di sisi timur, puncak Gajahmungkur di sisi barat, dan puncak Sumbing di sisi Selatan.

Bila Anda hanya ingin berwisata di gunung Kelud, Anda bisa mengambil jalur wisata yang ada di desa Sugihwaras, Kediri. Agar pengalaman Anda nantinya lebih menyenangkan, saran saya simak tips tips sebelum berwisata di gunung Kelud ini.

Akan tetapi bilamana Anda ingin mendakinya lengkap dengan suasana dan kondisi alam yang tak jauh berbeda dengan gunung lainnya, Anda bisa melewati jalur Tulungrejo atau jalur Karangrejo yang ada di kabupaten Blitar.

Untuk detil perjalanannya, Anda bisa lihat step by step pendakian gunung Kelud ini.

Bagaimana? Apa Anda tertarik mendaki gunung Kelud atau sekedar berwisata di sana?

9. Gunung Lawu

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Lawu | KaranganyarKab.go.id

Tidak seperti gunung Kelud, gunung Lawu justru sudah lama tidak aktif lagi meski masih berstatus sebagai gunung berapi.

Dengan ketinggian yang mencapai 3.265 mdpl, gunung ini masih terhitung friendly untuk para pendaki pemula.

Dikatakan demikian karena medan menuju puncak gunung ini lumayan mudah dan tertata. Ditambah lagi banyak spot menarik yang bisa dinikmati pendaki sepanjang perjalanan menuju puncaknya.

Pada bulan suro banyak peziarah yang mendaki gunung ini. Entah atas dasar apa, tapi yang jelas pada kenyataannya gunung ini memang memiliki banyak mitos.

Maka tak heran bila gunung ini dinobatkan sebagai gunung paling angker di Indonesia. Bagi Anda yang suka hal hal mistis, Anda bisa lihat tanda tanda angkernya gunung Lawu di sini.

Secara geografis gunung Lawu terletak di perbatasan kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan Magetan, Jawa Timur dan menjadi salah satu dari ‘Seven Summits of Java’ (7 puncak pulau Jawa).

Mengenai jalur pendakian, ada 2 yang bisa dilewati yaitu:

Jalur Cemoro Kandang di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa tengah, serta jalur Cemoro Sewu di Sarangan, Jawa Timur. Kedua jalur pendakian ini hanya terpisah beberapa ratus meter saja.

Adapun 3 puncak yang disuguhkan adalah puncak Hargo Dalem, puncak Hargo Dumiling, dan puncak Hargo Dumilah (tertinggi).

10. Gunung Lemongan

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Lemongan | TrekkersMountain.blogspot.co.id

Gunung aktif tapi tergolong aman ini terletak di 2 kabupaten, yaitu kabupaten Lumajang dan Probolinggo, Jawa Timur.

Tempat mendaki gunung di Jawa Timur yang satu ini memiliki puncak Tarub sebagai puncak yang tertinggi sekitar 1.651 mdpl. Dengan ketinggian ini Anda yang masih pemula masih bisa mendakinya.

Selain pemandangan alamnya yang indah, banyak dijumpai danau danau yang bisa Anda jadikan tempat bersantai bersama keluarga di akhir pekan.

Gak kebayang enaknya. 😀 

Belum cukup sampai di situ, gunung Lemongan ini juga memiliki hutan belantara yang masih asri.

Berbagai macam flora dan fauna hidup di sini, salah satunya adalah tumbuhan kantung semar yang dapat dijumpai pada ketinggian 1.560 mdpl.

Walaupun tidak begitu tinggi seperti gunung lainnya, ada sedikit tantangan pada gunung Lemongan ini.

Jalur track yang mainsstream, medan bebatuan dan banyak tanjakan tanjakan menengah menjadikannya mendapat julukan kecil kecil cabe rawit.

Apa Anda ingin mencobanya?

Bila Anda penasaran ingin mencoba merasakan track yang mainstream, lihat detil pendakiannya via desa Papringan, Lumajang di sini.

11. Gunung Liman

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Liman | BlueTripper.com

Tempat mendaki gunung di Jawa Timur yang berikutnya adalah gunung Liman.

Sebelumnya, apa Anda sudah pernah mendengar gunung ini? Atau bahkan sudah pernah mendakinya?

Seperti halnya gunung Lawu, gunung Liman ini adalah gunung berapi yang sudah lama tidak aktif lagi. Tingginya yang mencapai 2.563 mdpl, menjadikannya ideal untuk didaki oleh pendaki pemula.

Apa termasuk Anda?

Gunung ini secara administratif terletak di dua kabupaten, yaitu kabupaten Ponorogo dan kabupaten Nganjuk.

Bagi Anda yang bermukim di dua kabupaten ini tentu sudah tidak asing lagi mendengar namanya.

Gunung ini memang tak terlalu terkenal di kalangan pendaki Nusantara, namun memiliki tantangan tersendiri karena akses yang cukup sulit dan medan yang masih cukup liar.

Jadi bila Anda suka dengan petualangan ekspedisi, apa salahnya memasukkan gunung ini ke dalam daftar tujuan Anda?

Sengaja saya awali dengan pertanyaan, karena memang tidak banyak informasi yang bisa diperoleh mengenai gunung ini.

Akan tetapi bagi Anda yang bisa memahami bahasa Inggris, link ini mungkin bisa membantu.

12. Gunung Panderman

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Panderman | NaturalSunriseTour.com

Anda sudah pernah pergi ke kota Batu Malang?

Kalau belum, cobalah luangkan waktu Anda untuk datang ke kota ini. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota kota besar di Indonesia, kota ini bisa menjadi alternatif liburan Anda untuk melepas penat.

Salah satu daya tarik kota ini adalah di manapun Anda menginjakkan kaki, gunung Panderman akan selalu terlihat menjadi background keberadaan Anda.

Wahh, sepertinya menarik. .. Cocok buat selfy nih. 🙂 

Gunung Panderman yang menjadi icon alam kota Batu ini termasuk dalam pegunungan Putri Tidur (gunung Kawi) di mana puncaknya diberi nama Basundara dengan ketinggian 2.045 mdpl.

Nama Panderman sendiri konon diambil dari nama seseorang berkebangsaan Belanda yang mengagumi keindahan gunung ini. Beliau adalah Van Der Man.

Gunung ini terletak di dusun Toyomerto kelurahan Songgokerto desa Pesanggrahan kota Batu Malang.

Gunung yang relatif kecil ini sangat ramah bagi pendaki pemula. Hal ini dikarenakan jalur pendakiannya yang mudah dan hanya sekitar 3 jam untuk mencapai puncaknya.

Untuk menuju puncak Basundara ini, ada 2 jalur pendakian yang bisa dilewati.

jalur pertama adalah jalur umum yang banyak dikenal yaitu melalui Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan.

Pada jalur ini, ada beberapa pos pendakian yang bisa mempermudah para pendaki menuju puncak.

Jalur yang kedua adalah melalui jalur curah Banteng. Jalur ini memang tidak sepopuler jalur Toyomerto, namun sebenarnya jalur ini adalah jalan pintas untuk menuju ke puncak.

Setelah sampai di puncak gunung Panderman, rasa lelah Anda akan terbayarkan seketika begitu melihat keindahan pemandangan pegunungan dan hawa sejuknya. Puncak gunung Arjuno dan Welirang juga dapat terlihat dari sini.

Bahkan pada malam hari Anda bisa menyaksikan gemerlapnya kota Batu Malang yang diterangi lampu lampu kerlap kerlip dari atas puncak gunung ini.

Wow, sepertinya menarik.

Kalau begitu, Anda tidak boleh lupa untuk mengabadikan moment menarik ini dengan berselfie ria menggunakan kamera HD yang keren ini

13. Gunung Penanggungan

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Penanggungan | TripTrus.com

Apakah Anda termasuk penikmat sejarah?

Bila jawaban Anda adalah iya, maka gunung Penanggungan yang sudah lama tidak aktif ini layak masuk dalam refrensi Anda untuk dikunjungi.

Sebagai salah satu gunung kecil yang berada di Jawa Timur, gunung ini memiliki keindahan alam yang lagi lagi eksotis.

Tapi, bukan hanya itu.

Di sekujur lereng gunung dari kaki sampai mendekati puncak, telah ditemukan ratusan situs percandian Hindu-Budha. Ini menandakan bahwa gunung Penanggungan punya peranan penting dalam sejarah kerajaan kuno terdahulu.

Dengan ketinggian sekitar 1.653 mdpl dan suhu udara di puncaknya yang cukup sejuk, yakni antara 10-15 derajat celsius di malam hari dan 15-25 derajat celsius di siang hari, menjadikan gunung ini favorit untuk pendakian dan juga untuk ngadem.

Hehe… Kalau gak percaya buktikan aja sendiri!!!

Gunung yang puncaknya tandus lalu dijuluki miniatur Semeru ini, terletak di kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, Jawa Timur.

Bagian kaki dan lereng gunung Penanggungan dikelilingi oleh hutan lindung yang ditumbuhi tanaman rimba dan pepohonan raksasa.

Lebatnya pepohonan ini membuat suhu udara di sini lembab dan sinar matahari tidak sepenuhnya menyentuh tanah.

Seperti halnya gunung lain, gunung Penanggungan ini memiliki bentang alam yang landai, miring, berbukit, dan bahkan berjurang. Sehingga Anda tidak boleh lalai dan lengah bila mendaki gunung ini.

Puncak gunung ini diberi nama Prawita yang berarti “kabut”. Nama ini diambil karena puncak gunung Penanggungan ini sering berkabut.

Adapun jalur pendakian gunung Penanggungan ada empat arah. Anda bisa memilih jalur dari arah Trawas, Jolotundo, Ngoro, dan arah Pandaan.

Bagi Anda yang hendak mendaki sambil melihat candi-candi peninggalan sejarah, pilihlah jalur dari arah desa Jolotundo dan Ngoro.

Sampai di sini ada pertanyaan? Hehe…

Teruskan membaca!!!

14. Gunung Raung

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Raung | ManusiaLembah.blogspot.co.id

Terletak di 3 kabupaten, Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Gunung Raung berdiri kokoh sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Semeru dengan ketinggian 3.344 mdpl.

Gunung yang termasuk dalam pegunungan Ijen ini memiliki kaldera yang paling luas di pulau Jawa.

Di sini terdapat beberapa puncak antara lain Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati (puncak tertinggi).

Melihat jalur pendakiannya yang cukup extrem, gunung api bertipe stratovolcano ini sangat diperuntukkan bagi para pendaki yang sudah berpengalaman.

Serius… hanya bagi yang berpengalaman.

Sebelum mendaki, para pendaki harus melengkapi diri dengan peralatan yang cukup lengkap dan safety. Hal ini dikarenakan di beberapa titik di jalur pendakian memang extreme dengan kiri dan kanan terdapat jurang yang dalam.

Selain itu ada banyak batuan lepas yang bisa saja menimpa para pendaki bila tidak berhati-hati melangkah.

Wow.. mengerikan!!

Keberanian yang besar, stamina yang kuat, peralatan yang lengkap, skill untuk mendaki yang mumpuni, dan kerja sama tim yang baik mutlak diperlukan untuk menaklukkan puncak tertinggi di gunung Raung ini.

Gunung Raung juga tidak memiliki sumber air, sehingga Anda harus membawa persediaan air yang cukup untuk perbekalan selama perjalanan. 

Untuk mendaki sampai ke Puncak Sejatinya, Anda harus menempuh jarak sekitar 17 km melalui medan yang sebagian besar berupa bebatuan terjal dengan estimasi sekitar 6 hari.

Masih berminat?

15. Gunung Semeru

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Semeru | Liputn6.com

Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara administratif terletak di wilayah dua kabupaten. Yaitu Kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang.

Semeru memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, serta Hutan Ericaceous ataupun hutan gunung.

Kawah yang ada di puncak Gunung Semeru terkenal dengan sebutan Jonggring Saloko.

Gunung Semeru juga disebut gunung berapi paling tinggi ke tiga di Indonesia. Sesudah Gunung Kerinci di Sumatera serta Gunung Rinjani yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Padang Bunga Lavender, Oro-Oro Ombo, dan Ranu Kumbolo yang cantik adalah daya tarik yang ada di Gunung Semeru.

Danau Ranu Kumbolo yang disebut-sebut sebagai surganya Gunung Semeru membuat siapapun tergoda untuk datang ke sini.

Tempat mendaki gunung di Jawa Timur ini memiliki pesona alam yang sangat indah sehingga pantas jika gunung ini merupakan salah satu gunung yang begitu digemari oleh pendaki.

Bagaimana dengan Anda? Sudah pernah mendaki gunung ini?

Terlebih Semeru dengan puncaknya yaitu Mahameru (3676 mdpl) mendapat predikat sebagai gunung tertinggi di tanah Jawa.

Jalur resmi untuk mendaki Semeru hanya ada satu, yaitu via Ranu Pani. Untuk rincian perjalanannya, Anda bisa lihat di sini.

Bagi Anda yang ingin menyambangi gunung Semeru sebaiknya tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola, dengan tidak melewati batas aman pendakian yakni Kalimati.

Jadilah pendaki yang bijak dengan mematuhi aturan yang ada.

Gunung Semeru menjadi salah satu gunung paling populer di Jawa Timur gara-gara novel dan film 5cm karya Donny Dhirgantoro.

Akan tetapi selain populer untuk pendakian, Gunung ini merupakan salah satu gunung yang disucikan dalam ajaran Hindu

16. Gunung Welirang

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Welirang | Kompasiana.com

Apa Anda masih kuat membaca?

Kalau sudah mulai lelah, seruput dulu kopinya sambil mengistirahatkan mata Anda.

Oke, lanjut…

Gunung Welirang memang tidak setenar gunung Semeru dan gunung Kelud. Tapi Anda harus ingat. “Lain Gunung Lain Cerita”.

Setiap gunung tentu memiliki karakteristik tersendiri dari yang lainnya, tidak terkecuali gunung Welirang.

Pada jalur pendakian menuju puncak, terdapat track yang panjang dan miring yang siap membuat betis Anda lelah.

Saking sulit untuk ditaklukkan, masyarakat menamainya dengan Tanjakan “Asu”.

Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bila Anda berhasil menaklukkannya.

Lain Gunung Lain Cerita.

Gunung yang secara administratif terletak di perbatasan kota Batu, kabupaten Pasuruan dan kabupaten Mojokerto ini, memiliki dua jalur pendakian.

Jalur pendakian gunung Welirang sama dengan jalur pendakian gunung Arjuno. Hal tersebut karena gunung ini sebenarnya dempet dan berhimpitan sehingga naiknyapun jalurnya bisa dibilang sama.

Anda bisa melewati jalur Tretes. Jalur ini lazim dilalui oleh para pendaki di mana merupakan jalur yang sama saat menuju puncak Gunung Arjuno.

Untuk dapat mencapai puncak, para pendaki harus melewati beberapa pos. Setidaknya ada 3 pos yang harus dilewati.

Atau bisa juga melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, bila berada di Kabupaten Mojokerto.

Dengan medan yang berbatu dan dengan tanjakan yang curam menjadikan sensasi tersendiri bagi para pendaki.

Bicara tentang bentang alam, di sekujur lereng gunung yang dikelola oleh pihak Taman Hutan Raya Raden Soerjo ini ditumbuhi tetumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Bahkan di sekitar puncak gunung yang tingginya 3.156 mdpl ini hidup tumbuhan endemik yang dinamakan penduduk setempat sebagai manis rejo.

Gunung ini adalah gunung yang masih aktif. Anda bisa menjumpai kepulan asap belerangnya ketika berada di puncak gunung ini.

Mungkin ini sebabnya gunung ini dinamakan Welirang yang dalam bahasa Jawa bermakna belerang.

17. Gunung Wilis

tempat mendaki gunung di jawa timur
Gunung Wilis | Liputan6.com

Anda suka air terjun?

Bila jawabannya adalah iya, maka sebaiknya Anda segera datang ke Gunung Wilis ini

Di sini, ada banyak spot wisata yang sebagian besar berupa air terjun. Ada yang dikelola oleh masyarakat. Ada pula yang masih alami. 

Beberapa di antaranya adalah air terjun Ironggolo dan air terjun Dholo yang terletak di Desa Besuki, Kecamatan Jugo, Kediri.

Dengan demikian, Anda bisa beristirahat dan bersantai di air terjun setelah mendaki. Asyik bukan?

Tempat mendaki gunung di Jawa Timur ini memiliki  ketinggian 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan termasuk dalam wilayah enam kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

Sejarah mencatat, dahulu Jenderal Soedirman pernah melewati daerah perbukitan Gunung Wilis sebelum melakukan Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta.

Adapun bentang alam dari gunung ini adalah terdapat kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Jalur pendakian yang tersedia yakni melalui
Kecamatan Mojo, dan Kecamatan Semen, kabupaten Kediri (timur)
Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung (selatan)
Kabupaten Nganjuk (utara)
Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Madiun (barat).

Walaupun track menuju puncak tidak begitu sulit karena berupa jalan buatan, masih banyak pendaki yang urung melakukan pendakian. Sehingga banyak jalur-jalur pendakian yang didominasi hutan lebat masih belum terekspos oleh masyarakat luas.

Bagaimana dengan Anda? Apa Anda siap untuk menjelajahinya?

Itulah 17 gunung di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi sebagai refrensi tempat pendakian. 

Apakah Anda sudah pernah mendaki salah satunya? Kalau sudah, Gunung apa itu? Bagaimana pengalaman Anda di sana? 

Kalau belum, adakah rencana dalam waktu dekat untuk melakukan pendakian? 

Yuk, share pengalaman Anda dalam kolom komentar di bawah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *